Memahami Gelar Non Akademik

Sejak sekitar tahun 2010 banyak sekali mungkin kita jumpai bahwa terlihat di selembaran flayer pelatihan ataupun di acara training tertentu dan mendapati gelar non akademik di belakang nama seperti CH,CHT,CCHt,CMH,Dll, lalu sebenarnya dari berbagai jenis gelar non akademik itu mana yang sebenarnya benar ?

Sebenarnya ada banyak sekali istilah gelar non akademik yang sering kali di taro di belakang nama dalam penulisanya, termasuk dalam konteks hipnoterai. Dalam kesempatan ini saya tidak akan bahas diluar konteks hipnoterapi, dan fokus membahas pemahaman gelar non akademik hipnotis dan hipnogterapis.

  1. Certifed Hypnotist (CH)
  2. Certified Hypnotherapist (CHt)
  3. Certifed Professional Hypnotherapist (CPHt)
  4. Certified Clinical Hypnotherapist (CCHt)
  5. Certified Centerred Hypnoterapist (CCHt)
  6. Certified Master Hypnotist (CMH)

Tidak dipungkiri gelar di atas pun akan terus bertambah seiring berkembangnya keilmuan itu sendiri.Dulu sebelum tahun 2016 profesi hipnoterapis , masih di anggap katagori rumpun dari paranormal, jika mengurus surat izin praktik ke dinas kesehatan. profesi sebagai hipnoterapis katagori sebagai Profesi tidak berlisensi, Yang masuk dalam katagori profesi berlisensi seperti dokter,psikiater,konselor,psikolog. Namun perlu diperhatikan bukan berarti hipnoterapis sebagai profesi abal-abal, dimaksudkan sebagai profesi berlisensi itu yaitu suatu pekerjaan yang diharuskan menempuh Pendidikan dengan waktu tertentu di perguruan tinggi,yang begitu lulus masih ada tes kopetensi dari organisasi profesi yang menaungi,sehingga baru keluar izin praktik tersebut.

Sejak di atas tahun 2016 karena melihat banyaknya praktisi hipnotis dan hipnoterapis, maka Kemenkes RI membuka kesempatan untuk bermitra dengannya, namun tidak bisa personal,melainkan harus berbentuk perkumpulan (Asosiasi), gabungan dari pegiat hipnoterapi yang memiliki satu tujuan dan mengukuhkan diri sebagai satu asosiasi (perkumpulan), salah satu fungsinya adalah sebagai paying hukum praktisi hipnoterapis dan hipnotis sendiri,bahkan hingga dapat mengeluarkan surat rekom untuk mengurus izin praktik ke dinas kesehatan setempat. Mungkin jika dulu sangat mudah tinggal datang ke dinas kesehatan sudah bisa, namun sekarang harus melalui asosiasi dahulu dan di uji terlebih dahulu serta asosiasi mengeluarkan surat rekomendasi jika praktisi dinyatakan lulus.

Apa hubungannya dengan gelar non akademik?, Gelar akademik sebagai tanda jenjang penuntasan dalam Pendidikan hypnosis it sendiri. Yang paling umum urutanya seperti ini

  1. Certifed Hypnotist (CH), sebagai level 1
    Biasanya durasi belajarnya 1-2 hari
  2. Certified Hypnotherapist (CHt), sebagai level 2
    Biasanya durasi belajarnya 1-2 hari
  3. Certifed Professional Hypnotherapist (CPHt) / Certified Master Hpnotism (Sebagai level 3)
    Biasanya durasi belajarnya 1-2 hari
  4. Certified Clinical Hypnotherapist (CCHt)
    Biasanya durasi belajarnya 10-14 Hari

Namun rata-rata di indonesia untuk dapat mendapatkan surat rekomendasi dari organisasi profesi tersebut cukup sampai level 3. Dan dinyatakan lulus.

Sulistyo (Master Sul)
Founder LKP THETA INSTITUTE

Leave a Reply