Memahami Hipnoterapi, Metode Penyembuhan untuk Atasi Berbagai Gangguan Perilaku

Secara umum, hipnoterapi merupakan suatu metode atau aktivitas penyembuhan pada kondisi hipnosis melalui sugesti. Biasanya, metode ini digunakan untuk menyembuhkan berbagai gangguan perasaan, pikiran, maupun perilaku pada seseorang. Ingin memahami hipnoterapi lebih jauh? Mari simak pembahasan berikut ini.

Definisi Hipnoterapi

Ada banyak sekali pendapat para ahli terkait hipnoterapi. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Wulandari (2016), hipnoterapi merupakan suatu metode untuk mengubah sikap melalui sugesti. Terapi ini melibatkan teori-teori psikologi dan dilakukan tanpa alat
  2. Gunawan (2015), hipnoterapi merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan kekuatan sugesti, dimana sugesti itu dapat menghasilkan efek penyembuhan
  3. Sugiarso (2013), hipnoterapi merupakan suatu terapi pikiran untuk pengobatan berbagai penyakit fisik maupun psikis yang berkaitan dengan otak manusia menggunakan teknik hipnosis
  4. Martha Ningtyas (2012), hipnoterapi merupakan salah satu aktivitas terapeutik yang dapat diberikan kepada seseorang saat berada dalam kondisi hipnosis. Terapi ini menggunakan sugesti lewat seni komunikasi khas yang ditujukan kepada pikiran alam bawah sadar seseorang
  5. Batbual (2010), hipnoterapi merupakan salah satu hipnosis yang menjadi sarana penyembuhan berbagai gangguan psikomatis maupun psikologis
  6. Setiawan (2000), hipnoterapi merupakan suatu cabang ilmu psikologi yang belajar tentang manfaat sugesti bagi perasaan, pikiran, dan perilaku seseorang. Hipnoterapi juga dapat dikatakan sebagai terapi pikiran yang menggunakan teknik hipnosis

Perbedaan Hipnotis, Hipnoterapis, dan Hipnoterapis Klinis

Ketika berusaha memahami hipnoterapi, Anda pasti akan melihat berbagai istilah lain yang erat kaitannya, seperti hipnotis, hipnoterapis, dan hipnoterapis klinis. Lantas, apakah ketiga istilah tersebut memiliki makna yang sama?

Ternyata, ketiganya mempunyai makna tersendiri. Hipnotis sendiri merupakan orang yang mempelajari hipnosis hiburan. Sementara itu, hipnoterapis merupakan para ahli yang memiliki kemampuan dalam bidang hipnoterapi.

Sementara itu, hipnoterapis klinis merupakan seorang hipnoterapis yang mengikuti pendidikan lebih lanjut. Selain definisi, perbedaan ketiganya terletak pada kecakapan dan tingkat pendidikan masing-masing. Bila diurutkan, hipnotis jenjang pendidikannya paling awal, kemudian diikuti hipnoterapis, baru kemudian hipnoterapis klinis.

Gelar Non Akademik Hipnosis

Seiring perkembangan zaman, Anda bisa mendapatkan gelar tanpa perlu menempuh pendidikan secara formal. Lantas, mengapa pendidikan hipnotis di Indonesia termasuk non-formal? Hal ini dikarenakan hipnotis masih agak tabu di Indonesia.

Jadi, para peminatnya hanya bisa mengikuti pembelajaran lewat kursus dan pelatihan. Meskipun begitu, Anda tetap bisa mendapatkan beberapa gelar non-akademik di dunia hipnosis, seperti CH, CHt, MHt, GMH, CCHt, dan MCH.

Tentu saja masing-masing gelar memiliki tingkat kecakapan dan pengalaman yang berbeda. Berikut penjelasan lengkap terkait beberapa gelar hipnosis.

1. CH

Certified Hypnotist atau CH merupakan gelar yang diberikan kepada orang yang sudah menguasai ilmu hipnosis melalui pelatihan-pelatihan formal. Pelatihan tersebut bisa Anda dapatkan di lembaga yang memiliki legalitas, misalnya Hypnocare Indonesia.

2. CHt

Certified Hypnotherapist merupakan gelar yang diberikan kepada seseorang yang sudah menguasai hipnoterapi. Gelar ini menandakan bahwa seseorang sudah boleh membuka klinik praktek pribadi.

3. GMH

Grand Master Hypnotist bisa didapatkan oleh orang-orang yang mumpuni dalam hipnosis. Sayangnya, gelar ini tidak bisa didapatkan di Hypnocare Indonesia. Tapi, Anda bisa mendapatkannya di lembaga lain.

4. MCH

Terakhir, ada gelar MCH atau Master of Clinical Hypnotherapy. Gelar ini merupakan gelar praktisi hipnotis dan hipnoterapi tertinggi di Indonesia. Adapun, gelar ini dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan Hipnoterapi Indonesia.

Syarat Menjalani Hipnoterapi

Setelah memahami hipnoterapi, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Jika iya, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi sebelum menjalankan hipnoterapi.

Ketidaksiapan dalam menjalani hipnoterapi akan berdampak buruk pada hasilnya nanti. Maka dari itu, pastikan Anda sudah memenuhi 5 persyaratan di bawah ini.

  1. Klien harus datang ke tempat hipnoterapi atas keinginan sendiri dan dalam keadaan sadar
  2. Bersedia untuk mengungkapkan tujuan hipnoterapi secara detail, jujur, dan apa adanya
  3. Memberikan izin kepada terapis untuk melakukan hipnoterapi sesuai prosedur yang berlaku
  4. Percaya sepenuhnya pada terapis, pasrah, dan mau mengikuti sugesti terapis dengan sungguh-sungguh
  5. Berkomitmen untuk menjalankan hipnoterapi sesuai sesi konsultasi yang sudah ditentukan

Bila beberapa syarat di atas sudah Anda penuhi, Anda hanya perlu mencari terapis profesional agar masalah Anda dapat sembuh seutuhnya. Jadi, pastikan diri Anda sudah siap terlebih dahulu karena pada dasarnya kesembuhan hipnoterapi sangat bergantung pada diri Anda sendiri.

Persiapan Hipnoterapi

Sebelum Anda bertemu dengan hipnoterapis, pastikan Anda sudah melakukan persiapan dengan melalui beberapa proses. Pertama, Anda harus menentukan tujuan melakukan hipnoterapi dan pastikan Anda mampu mengungkapkannya kepada hipnoterapis.

Selanjutnya, pikirkan apa kebiasaan, minat, atau hal-hal yang Anda sukai. Pasalnya, hipnoterapis nanti akan menanyakan hal tersebut untuk kepentingan pengobatan.

Selain itu, Anda perlu mempersiapkan kesehatan fisik dan mental. Pastikan tubuh, pikiran, dan hati Anda sudah siap menerima terapi hipnosis dari awal hingga akhir.

Cara Kerja Hipnoterapi

Saat memahami hipnoterapi, pasti Anda juga ingin tahu cara kerjanya. Penerapan hipnoterapi ini biasanya bersamaan dengan psikoterapi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengeksplorasi pikiran, perasaan, maupun kenangan yang ada.

Hipnoterapi umumnya dibagi menjadi beberapa sesi. Masing-masing sesi dapat berlangsung mulai dari 1 – 2 jam. Awalnya, terapis akan melakukan berbagai teknik relaksasi agar Anda dapat mencapai kondisi trance

Kemudian, terapis akan membawa Anda menuju ke alam bawah sadar lebih dalam dengan memfokuskan pikiran Anda pada beberapa kata. Pada saat inilah, pikiran Anda akan menjadi lebih responsif terhadap sugesti maupun saran yang diberikan.

Bila terapis sudah memberikan sugesti sesuai tujuan hipnoterapi, Anda akan dibangunkan dari alam bawah sadar. Setelah bangun, pikiran Anda sudah terpengaruhi oleh sugesti yang diberikan tadi. Perlu diingat, keberhasilan hipnoterapi sangat bergantung pada diri sendiri dan jumlah sesi yang diikuti.

Keluhan yang Dapat Diobati Hipnoterapi

Meskipun terbukti dapat mengatasi berbagai masalah, tapi nyatanya tidak semua gangguan dapat disembuhkan dengan hipnoterapi. Lalu, apa saja keluhan yang bisa diobati dengan hipnoterapi? Berikut daftarnya:

  1. Kebiasaan menggigit kuku, biasanya hipnoterapi ini diberikan kepada anak agar kebiasaan tersebut hilang secara permanen
  2. Fobia, merupakan ketakutan akan suatu hal secara berlebihan. Sebenarnya, fobia memang tidak membahayakan. Namun, ada beberapa orang yang mengalami fobia aneh, sehingga mengganggu aktivitas dan kenyamanan sehari-hari
  3. Gangguan tidur, ternyata hipnoterapi juga sangat baik untuk insomnia. Lewat berbagai sugesti yang diberikan, jam tidur Anda akan kembali normal setelah mengikuti beberapa sesi hipnoterapi
  4. Mengompol, kebiasaan mengompol sudah sangat sering diatasi para terapis hipnoterapi
  5. Masalah mental, berbagai gangguan mental juga dapat disembuhkan lewat hipnoterapi. Beberapa diantaranya adalah gangguan kecemasan, depresi, halusinasi, dan lain sebagainya. Namun, khusus untuk masalah mental, biasanya sesi terapi yang diberikan akan lebih lama dan harus dilakukan berulang kali
  6. Trauma, hipnoterapi dapat menjadi cara yang efektif untuk menyembuhkan dan menghilangkan trauma akan suatu hal, baik itu terhadap benda maupun kenangan kelam

Kesimpulan

Dari berbagai penjelasan dari Theta Institute di atas, dapat disimpulkan bahwa hipnoterapi merupakan salah satu metode pengobatan untuk sakit fisik maupun psikis dengan memberikan sugesti ke alam bawah sadar seseorang. Terapi ini bukanlah sulap atau sihir, melainkan dapat dibuktikan secara ilmiah. Jadi, sekarang sudah lebih memahami hipnoterapi, kan?

One comment

  1. Sangat membantu dalam memahami dan mempelajari Hipnosis, Mengenal lebih dalam dan akhirnya memahami banyak manfaat untuk pemberdayaan diri dan untuk membantu sesama. .

    Salam penuh kasih

Leave a Reply