Sejarah Ringkas Hipnosis Percakapan (CONVERSATIONAL HYPNOSIS)

Sejak menekuni conversational hypnosis dipertengahan 2009 lalu, hingga saat ini masih belum juga saya menemukan literature yang membahas secara komprehensif tentang sejarah dan asal-usul pengetahuan yang satu ini. Bahkan dari sekian banyak referensi yang saya temukan terdapat berbagai macam perbedaan.

Namun dari sekian banyaknya referensi yang saya dapatkan, semuanya menuju pada satu nama yaitu Milton Hyland Erickson, MD. Ia yang dipercaya oleh banyak developer pengetahuan ini sebagai cikal bakal dari Conversational Hypnosis, walaupun pada masa sebelum Milton Erickson kegiatan hipnosis percakapan sudah ada hanya dalam bentuk atau istilah yang berbeda.

Istilah hipnosis pecakapan sendiri muncul ketika banyak orang melakukan pengamatan terhadap sesi hipnosis yang dilakukan oleh Milton Erickson. Kegiatan yang dilakukan oleh Erickson di berbagai sesi hipnoterapi ditemui terkesan informal dan menggunakan bahasa-bahasa sugesti tidak langsung (indirect). Hingga akhirnya kedua founder Neuro-Linguistic Programming (NLP) pun juga tertarik untuk melakukan pemodelan terhadap Erickson.

Pola bahasa yang dikenalkan oleh Richard Bandler dan John Grinder ini adalah hasil pengamatan yang dilakukannya terhadap kegiatan hipnosis yang dilakukan oleh Milton Erickson, sehingga pola bahasa yang sering digunakan oleh Erickson dalam kegiatan hipnosis nya di formulasikan dalam Milton Model.

Di Indonesia, Conversational Hypnosis sendiri masih dapat dikatakan sebagai pengetahuan yang cukup baru, penyebaran pengetahuan yang satu ini pun belum merata ke seluruh penjuru Indonesia. Jika saya tidak salah, pengetahuan conversational hypnosis di Indonesia mulai berkembang di sekitar tahun 2010-an. Minimnya referensi tentang Conversational Hypnosis dalam bahasa Indonesia mungkin menjadi hal yang membuat enggan para pembelajar untuk menekuni bidang ini. Itulah sebabnya di tahun 2012 saya menuliskan buku pertama di Indonesia yang membahas hypnosis percakapan dengan The Miracle of Conversational Hypnosis.

Sampai pada akhirnya di tahun 2021 ini LKP Theta Institute dapat menjadi wadah bagi para pembelajar dan pecinta dunia pengembangan diri berbasis hypnosis di Indonesia sehingga dapat memfasilitasi pelatihan conversational hypnosis untuk para praktisi yang ingin meningkatkan pengetahuan dan kemampuan komunikasi hipnotik. Yang nantinya juga dapat dimanfaatka di berbagai bidang kehidupan seperti parenting, penjualan, pemasaran, bisnis, terapi dan lain sebagainya.

Leave a Reply